Pada kuda besi, mesin/engine merupakan komponen bagian utamanya, mesin ini kemudian diperlukan komponen tambahan untuk melancarkan aksinya seperti, sistem bahan bakar, kelistrikan dll. si kuda besi merupakan kebutuhan manusia yang tak kenal lelah sehingga dia perlu dirawat secara berkala agar tenaganya tetap stabil. Pemeliharaan berkala pada motor tidak lepas dari sistem pengapian, sistem bahan bakar, sistem pelumasan/pendingin dan sistem roda. Selanjutnya pada sistem kelistrikan motor para teknisi perlu ketahui warna, arti dan fungsi kabel sesuai dengan merek mesin motor kita. Kabel berfungsi untuk
menghubungkan arus listrik dari
komponen satu ke komponen kelistrikan lainnya (massa ke beban)
Warna kabel pada setiap merek motor berbeda-beda fungsinya kalau
kita salah untuk menghubungkan kabel tersebut pastiya akan berakibat fatal bisa
terjadi konslet dan terbakar berikut ini adalah penjelasan arti warna kabel
kelistrikan pada merek sepeda motor Yamaha, Suzuki, Honda dan Kawasaki yang
perlu untuk diketahui :
Yamaha
• Hitam : (-) massa, berlaku untuk semua negative
• Hijau : (+) arus beban untuk penerangan
• Merah : (+) arus positif dari aki
• Kuning : (+) untuk lampu
• Coklat : (+) sein
• Hijau : (+) arus beban ( penerangan dll )
• Putih-merah : (+) pulser CDI
• Hijau-hitam : (+) untuk rem
Suzuki
• Hitam-putih : (-) massa, berlaku untuk semua negative
• Putih-merah : (+) pengisian
• Putih-biru : (+) coil ke cdi
• Putih-hitam : (+) lampu rem
• Kuning-putih : (+) penerangan
• Biru-kuning : (+) pulser ke cdi
• Merah : (+) aki
• Orange : (+) ke kunci kontak
• Abu-abu : (+) lampu belakang
• Hijau muda : (+) sein kanan
• Hitam : (+) sein kiri
Honda
• Hijau : (-) massa, berlaku untuk semua negative
• Merah : (+) aki
• Hitam : (+) kunci kontak
• Putih : (+) pengisian (+) lampu dekat
• Kuning : (+) arus ke saklar lampu
• Biru : (+) lampu jauh
• Abu-abu : (+) flasher
• Biru laut : (+) sein kanan
• Orange : (+) sein kiri
• Coklat : (+) lampu kota
• Hitam-merah : (+) spull cdi
• Hitam-putih : (+) kunci kontak
• Hitam-kuning : (+) koil
• Biru-kuning : (+) pulser cdi
• Hijau-kuning : (+) lampu rem
Kawasaki
• Hitam-kuning : (-) massa, berlaku untuk semua negative
• Putih-merah : (+) aki
• Merah-hitam : (+) lampu jauh
• Merah-kuning : (+) lampu dekat
• Abu-abu : (+) sein kanan
• Hijau : (+) sein kiri
• Biru : (+) lampu rem
• Merah : (+) lampu belakang
• Coklat : (+) klakson
Selanjutnya jika pada motor yang kita perbaiki kabelnya sudah tidak seperti aturan dielernya maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan pengetesan arus menggunakan multi tester/ avo meter pada setiap komponen dan kabel yang akan kita periksa/perbaiki.
Sekian mengenai arti warna kabel dan pungsinya moga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar